Rabu, 26 April 2017

POSYANDU DAN PUSLING APRIL 2017

26 April 2017
09 : 07 WIB

Sebuah desa terbilang sehat jika lingkungan dan masyarakatnya mendapat perawatan yang benar dari pengurus desa. Kegiatan Posyandu dan Pusling (Puskesmas Keliling) yang dilakukan tanggal 20 April 2017 berlangsung sangat baik. Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan, sedangkan Pusling adalah kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan desa (Bidan / mantri) untuk masyarakat yang lebih sehat lagi.

Kegiatan ini dilaksanan satu bulan satu kali guna mengontrol kesehatan masyarakat sekitar terutama di kalangan anak - anak. Bidan Imas dan Wakil sopyan dan dukungan dari puskesmas merasakan antusias warga Desa Kotasari untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, sebab banyak masyarakat yang kurang mampu atau malu untuk memeriksakan kesehatan ke rumah sakit atau dokter terdekat. Pemeriksaan terutama dilakukan untuk balita, ibu hamil, dan masyarakat umum yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau tidak.


Keterbukaan pemerintah Desa dengan masyarakat dapat membangun sebuah desa yang ideal, karena dengan pihak pemerintah yang memberikan fasilitas untuk masyarakat timbal balik dan dukungan masyarakat pun akan semakin baik. Pengurus Desa bertugas untuk masyarakat, jika masyarakat tidak ikut berpartisipasi maka akan sia - sia pengurus desa menyediakan sarana dan prasarana.

Maka dari itu sangat diharapkan partisipasi dan kontribusi nyata dari seluruh warga atau masyarakat desa kotasari untuk membantu mengembangkan desa bersama. Karena jika seluruh masyarakat ikut turut campur tangan dalam pembangunan desa niscaya Desa Kotasari mampu menjadi desa yang ideal.